081246570770 info@sedotwcbali.com

Cara Mengatasi WC Mampet

Cara Mengatasi WC Mampet  Mudah dan Cepat – salah satu masalah yang sering di alami pemilik toilet adalah WC yang tersumbat / WC buntu ,

dan tidak sedikit orang yang bingung jika mengalami wc tersumbat ini . untuk Cara Mengatasi WC Buntu  sebenarnya ada 3 cara yaitu menggunakan alat penyedot WC dan menggunakan cairan dlllangsung saja di simak yah

namun sebelum anda menyimak tentang cara mengatasi WC mampet anda sebaiknya tahu penyebab WC anda mampet .

apa karena tersumbat mainan , atau karena tersumbat kertas dan lain lain .

Cara Mengatasi WC Mampet  dengan Alat Sedot WC mampet

Sumbatan pada WC sepertinya selalu terjadi di waktu yang tidak tepat. Untungnya, Anda bisa mengatasi sebagian besar sumbatan ini tanpa harus membayar jasa tukang sedot wc bali.

Sebagian besar WC buntu dapat diatasi dengan alat sedot yang bagus, atau pembersih saluran air rumahan dari air panas, soda kue, dan cuka.

Untuk mengatasi sumbatan yang lebih dalam, coba gunakan plumbing snake atau penyedot debu basah/kering.

Usahakan agar toilet tidak meluap.

Jika air di saluran toilet tidak dapat mengalir setelah Anda menyiramnya, jangan mnyiram air lagi. Hal ini hanya akan membuat air menggenangi mangkuk WC.

Sebaiknya, buka tangki toilet dan tutuplah katup flapper-nya. Dengan demikian, air tidak akan semakin banyak masuk ke mangkuk WC

  • Air dalam tangki toilet tidak kotor. Jadi, memasukkan tangan Anda ke dalamnya untuk menutup katup flapper bukanlah masalah.
  • Katup flapper ini tampak seperti tutup saluran air yang terhubung dengan rantai.

 

siapkan koran sebagai alas kamar mandi
Untuk menghadapi kemungkinan air meluap dari Toilet , taruh koran bekas  di lantai kamar mandi gunanya  untuk menyerap air yang keluar dari WC.
koran bekas akan membuat Anda lebih mudah untuk membersihkan kamar mandi jika anda sudah bisa Mengatasi WC Buntu  .

Sedikit saran sebaiknya buka jendela atau ventilasi supaya tidak terlalu menyengat baunya

  • Jika sumbatannya serius, kenakan sarung tangan karet. Toilet adalah tempat yang kotor, dan sarung tangan karet dapat melindungi Anda dari kuman yang ada di sana. Pilihlah sarung tangan karet yang dapat melindungi hingga siku tangan Anda.
  • Anda juga mungkin perlu mengenakan pakaian lama untuk berjaga-jaga.

 

Coba apakah Anda dapat mengatasi sumbatannya.

Jika Anda bisa melihat penyebab sumbatan toilet, masukkan tangan Anda dan keluarkan benda apapun itu dari WC jika mungkin.

Jika benda itu tidak terjangkau tangan Anda, tetapi Anda bisa melihatnya (misalnya mainan anak-anak), tidak perlu menggunakan alat sedot dan cobalah cara lainnya.

 

Gunakan alat sedot berkualitas tinggi.
Anda sebaiknya menggunakan alat sedot WC berbahan karet tebal, bentuknya seperti  bola atau berujung runcing di bawahnya seperti tutup saluran air.

Jangan gunakan alat sedot berbentuk mangkuk yang murah karena sering kali tidak dapat mengatasi sumbatan.

  • Jika alat sedot tidak dapat menutup saluran toilet dengan rapat, coba bungkuskan lap mengelilingi ujung alat untuk menutup celahnya.
  • Aliri alat sedot dengan air panas sebelum digunakan. Air panas akan melunakkan karet sehingga alat sedot dapat menutup rapat saluran toilet.
Masukkan alat sedot ke dalam mangkuk toilet.
Pastikan alat sedot WC mampet  menutupi seluruh lubang saluran toilet. Agar efektif, alat ini sebaiknya terbenam di dalam air.

Anda sebaiknya mendorong dan menekan air dengan alat ini, bukan udara. Jika perlu, tuangkan air dari keran untuk menambah volume air di dalam mangkuk toilet.

  • Tekan alat sedot di lubang toilet. Awali dengan menekan dan menarik perlahan, karena alat ini akan mendorong udara ke dalam mangkuk toilet. Tekan ke bawah, kemudian tarik ke atas kuat-kuat untuk menggoyang sumbatan dan mengendurkannya. Terus dorong dan tarik alat sedot hingga air kembali mengalir. Anda mungkin membutuhkan waktu 15-20 menit sebelum sumbatan pada toilet terbuka. [2] Bersabarlah, asalkan tidak ada benda keras yang menyumbat toilet, penggunaan alat sedot saja sering kali sudah cukup. Cara ini mungkin tidak langsung berhasil, tetapi sering kali berhasil setelah beberapa kali mencoba/mengguyur toilet dengan menekan dan mendorong berulang-ulang.

Siram  WC untuk memeriksa alirannya.

Jika penggunaan alat sedot akhirnya membuat air yang menggenang di mangkuk toilet mengalir, tetapi sumbatannya masih menghambat aliran air, biarkan alat sedot WC dan isi lagi mangkuk WC  dengan air.

Isilah air hingga volume guyuran air biasanya, kemudian tekan dan tarik alat sedot lagi. Sumbatan yang membandel mungkin harus diatasi dengan melakukan cara ini berkali-kali.

Cara Mengatasi WC Mampet dengan soda Api

langkah ke dua untuk mengatasi WC tersumbat adalah dengan menggunakan Soda Api , yah anda harus beli terlebih dahulu soda api , dan anda bisa membelu soda api di toko bangunan dll

catatan untuk cara mengatasi wc mampet dengan soda api ini harus benar2 tahu penyebab wc anda mampet ,,

jika mampet di karenakan mainan anak anak sebaiknya gunakan cara pertama tadi

dan berikut adalah cara mengatasi wc mampetdengan soda api

  • Pastikan mangkuk WC tidak tergenangi air jauh di atas batas ketinggian normal. Jika mangkuk WC terlalu penuh, tunggu hingga airnya surut dan kembali ke ketinggian yang semestinya.
  • Tuangkan satu cangkir (sekitar 500g) garam batu ke dalam lubang WC. Jika menggunakan garam dapur, tambahkan juga satu cangkir bubuk soda kue.
  • Tuangkan sekitar 1 liter air mendidih ke lubang yang sama.
  • Diamkan selama 8 jam atau semalaman.
  • Gelontor WC dengan air cukup banyak untuk mendorong sumbatan yang telah hancur sampai masuk septic tank.
  • Jika WC masih mampet, bantu dorong penyumbat memakai pemompa WC berupa tongkat berujung mangkuk karet. Telungkupkan mangkuknya di atas lubang WC, lalu pompa berulang kali hingga saluran menjadi lega.

 

Cara mengatasi WC mampet dengan Air Panas

 

langkah pertama cara mengatasi wc tersumbat dengan air panas adalah
siapkan bahan bahan berikut , Air panas , Soda Kue , dan cuka kering
Panaskan sekitar 2 liter air. Jika toilet Anda mudah tersumbat akibat terlalu banyak mengalirkan kotoran, penggunaan campuran air panas, soda kue, dan cuka sering kali dapat mengatasi masalah ini layaknya pembersih saluran air komersial. Didihkan 2 liter air, kemudian biarkan mendingin selama beberapa saat, sementara Anda memasukkan bahan lainnya ke dalam mangkuk toilet.
  • Gunakan paling tidak 2 liter air. Sedikit air tidak akan berhasil mengatasi sumbatan karena daya dorongnya kurang kuat.
  • Suhu air tidak boleh melebihi suhu teh panas yang dapat Anda minum. Air tidak boleh mendidih karena air yang sangat panas dapat meretakkan porselen. Anda hanya perlu meningkatkan suhu air yang melewati sekeliling atau menekan sumbatan.

Tuangkan seperempat gelas  soda kue dan seperempat gelas  cuka ke dalam toilet. Reaksi kimiawi antara soda kue dan cuka akan membantu melarutkan sumbatan. Cuka putih suling biasanya digunakan dalam langkah ini, t

etapi Anda boleh menggunakan cuka apa saja. Campuran ini akan menghasilkan cukup banyak buih. [5]

  • Jika tidak ada soda kue atau cuka di rumah, cobalah tuangkan sedikit sabun cuci piring ke dalam mangkuk toilet. Sabun mungkin bisa membantu mengendurkan sumbatan. [6]
  • Cara ini biasanya tidak berhasil mengatasi sumbatan yang disebabkan oleh benda keras seperti mainan.
Tuangkan air panas ke dalam toilet. Tuangkan air panas dari setinggi pinggang, jangan di dekat tepi toilet. Dorongan air yang masuk ke dalam mangkuk toilet akan membantu mengatasi sumbatan
biarkan ramuan WC mampet tadi meresat dan membuat lunak penyebab WC anda mampet sebaiknya anda lakukan di sore / malam hari
Di pagi hari, air yang menggenang seharusnya sudah mengalir. Campuran pembersih rumahan ini dapat mengatasi sumbatan akibat bahan organik. Jika genangan air dalam toilet tidak juga mengalir, mungkin ada benda keras yang menyumbat salurannya. Coba gunakan kawat gantungan baju atau plumbing snake.

 

mungkin sekian tutorial untuk Cara Mengatasi WC Mampet , selamat mencoba

semoga artikel tentang Cara Mengatasi WC Mampet bermanfaat

artikel ini saya dapatkan dari berbagai narasumber salah satunya adalah id.wikihow.com